Translate

Selasa, 18 Desember 2012

Mengatasi Virus Auto Shutdown

Tulisan mengatasi virus auto shutdown ini dibuat setelah laptop salah satu teman terkena virus yang menjalankan fungsi shutdown begitu kita login ke windows. Virus ini memang sangat menjengkelkan dan bagi yang awam akan panik dan akan segera instal ulang.
Mengatasi virus terkadang bisa secara manual atau mengandalkan anti virus. Cara yang paling mudah adalah mengandalkan antivirus. Akan tetapi sering kali virus telah menginfeksi antivirus yang telah terpasang untuk itu lebih baik uninstall anti virus yang ada dan menggantinya yang baru. Jalankan fungsi safe mofe dengan menekan f8 pada saat booting
. Setelah berhasil masuk dalam safe mode lakukan uninstall dan install ulang antivirus yang baru. Media yang dipakai untuk mengcopy master antiirus tersebut adalah yang benar benar bebas virus. Jangan lupa untuk mendownload file update virus definition yang paling baru dan lakukan update secara manual. Update manual dapat dilakukan dengan menu update yang biasanya ada di antivirus dan tunjuk ke folder yang berisi virus definition terbaru yang didapat. Setelah langkah tersebut beres maka scan dapat dilakukan dengan antivirus terbaru tersebut.
Cara manual dapat juga dilakukan dengan menghapus file dan registry keys yang berhubungan dengan hal virus ini. Kalau anda belum terbiasa dengan edit registry dan tool administrative komputer lainnya sebaiknya jangan dilakukan cara manual ini karena kalau ada kesalahan maka komputer anda harus diinstall ulang.
Pastikan pada saat melakukan penghapusan virus semua data telah terback up dengan baik. Selain itu copy registry juga perlu dilakukan dengan cara melakukan backup system pada saat sebelum dilakukan pengeditan registry. Masuk ke start>all program>accesscoris>system tools>system restore dan pilihlah create restore point dan ikuti langkap panduan.
Setelah langkah ini dilakukan masuk ke start>run> ketikkan regedit kemudian jalankan. Carilah registrey key pada HKEY_CURRENT_USER yang mempunyai kata-kata shutdown, pc-off atau sejenisnya dan hapus dengan klik kanan modify>delete. Kemudian buka folder program file dan cari file berekstension exe yang berkaitan dengan virus tersebut kemudian hapus dengan shift delete supaya tidak mampir ke recycle bin.
Langkah yang terakhir adalah dengan masuk ke task manajer dengan mengetikan taskmgr.exe pada run kemudian dieksekusi. Liat proses serupa yang dapat kita curigai kemudian end task.
Setelah semua kita hapus windows bisa kembali di restart ke normal.
Demikian tulisan mengatasi virus auto shutdown. Banyak sekali kekurangan tulisan ini karena keterbatasan pengetahuan penulis dan perkembangan virus yang sedemikian cepat dengan variasi yang semakin beranekaragam.

Special Thanks to : http://dhidik.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

#Komennya Orang pintar selalu bemutu
#Blog ini bukan sekolahan jadi gak usah absen pagi,siang,sore dsb
#Blog ini bukan pom bensin jadi jangan pernah pesen PERTAMAX disini
#satu lagi kami Anti SPAM dan SARA